Sen08212017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel

Jambore Penyuluh Pertanian Tahun 2017

  • PDF
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si yang diwakili oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Poso Ir. H. Isnain T. Hi. Karim, MPM, M.SI menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan jambore penyuluh pertanian tahun 2017 yang diprakarsai oleh Dinas Pertanian Kabupaten Poso bertempat di aula alugoro poso, senin (31/07/2017). Hadir dalam kegiatan tersebut sekretaris dinas pertanian kabupaten poso Ir. Rita Pontoh,M.Si, pemasaran, keuangan dan teknologi informasi BPJS ketenagakerjaan KCP poso Ahmad Jodhi Setiawan dan peserta jambore penyuluh pertanian se-kabupaten poso diikuti oleh kepala UPTD pertanian kecamatan sejumlah 19 orang, penyuluh pertanian PNS 143 orang serta tenaga harian lepas TBPP 13 orang.

Ketua panitia Ramli, SP dalam laporannya menyampaikan penyuluh pertanian merupakan tugas pokok salah satu metode pemberdayaan dan pembelajaran bagi petani/nelayan dengan sistem pendidikan non formal yang terus kita bangun, pengaturan sistem penyuluhan meliputi pengembangan SDM dan peningkatan nilai sosial serta SDM yang maju dan tanggu yang akhirnya dapat memberikan kontribusi yang besar serta nilai tambah pada pembangunan di sektor Pertanian Tanaman Pangan, holtikultura, Perkebunan dan Peternakan di kabupaten Poso. Ramli, SP juga menyampaikan apapun tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan Informasi teknologi pertanian yang nantinya di jadikan acuan dalam melaksanakan tugas pegawalan dan pendampingan poktan di masing- masing wilayah kerjanya, sebagai bahan evaluasi dan penggalian gagasan yang dapat dijadikan pembanding dalam penyelenggaran penyuluhan dan untuk mensosialisasikan Program Pemerintah Kabupaten Poso.

Sementara dalam sambutan bupati poso yang dibacakan asisten administrasi ekonomi dan pembangunan setdakab poso Ir. H. Isnain T. Hi. Karim, MPM, M.Si menyampaikan bahwa program pembangunan pertanian dapat dicapai artinya, penyelenggaraan penyuluhan pertanian merupakan barisan terdepan dalam menggerakan pelaku utama dan pelaku usaha disektor pertanian, perkebunan dan peternakan di kabupaten poso. Diharapkan peranan penyuluhan yang tanggap terhadap persoalan ditingkat lapangan, untuk itu fungsi penyuluh dapat dimaksimalkan efektif, efesien, terpadu dan terkoordonasi. Diakhir sambutannya Ir. Isnain T. Hi. Karim, MPM, M.Si mengatakan, penyuluh pertanian sebagai mitra sejajar pelaku utama yang mempunyai peran strategis dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan, papan dan bahan industri, memperluas lapangan kerja dan lapangan usaha dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya petani pangan/hortikultura, perkebunan dan perernakan dan dalam mengakses bergandengan tangan dengan moto yang sama mendukung membangun sumberdaya pertanian yang handal menuju poso cerdas sebagaimana yang berjalan saat ini yaitu sektor tanaman pangan UPSUS PAJALE yang meliputi komoditi padi, jagung dan kedele dan UPSUS bawang merah dan cabe (BABE) serta peternakan adalah UPSUS sapi indukan wajib buntung (SIWAB). //ca’/pul