Rab12132017

Last update12:01:25 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PERTANIAN PETERNAKAN PERKEBUNAN KETAHANAN PANGAN

BARUGA

Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi Ke-67 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah

  • PDF

Kabupaten poso kali ini mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi Ke-67 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi Ke-67 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Di Unit Pemukiman Transmigrasi Watutau Rodo-Rodo Kecamatan Lore Peore Kabupaten Poso. Selasa, 12/12/17.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si membacakan Sambutan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia mengatakan bahwa 67 Tahun proses penyelenggaran program transmigrasi mewarnai kehidupan bangsa Indonesia. Namun lepas dari itu semua transmigrasi telah berhasil membangun 3.608 satuan permukiman transmigrasi yang berada di 619 kawasan transmigrasi, diantaranya telah berkembang menjadi menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru berupa 1.183 desa definitive, 385 eks satuan permukaan transmigrasi berkembang menjadi ibu kota kecamatan, 104 eks satuan permukiman transmigrasi mendukung ibu kota kabupaten serta 2 ibu kota provinsi.

Dalam Upacara peringatan tersebut hadir Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Dr. Conrad, Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sulawesi Tengah bersama seluruh Pegawai Dinas Nakertrans Provinsi, Wakil Bupati Poso, Dandim 1307 Poso, Kapolres Poso serta Seluruh Kepala-Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah bersama sejumlah Pimpinan OPD terkait Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah seperti Dinas Pekerjaan Umum & Dinas Pengendalian Penduduk & KB.

Pelaksanaan pemindahan penduduk transmigrasi di Sulawesi Tengah setelah kemerdekaan Indonesia ditandai dengan penempatan transmigran yang pertama di lokasi Kalora Lembah Gumbasa, Desa Sidondo Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Donggala yang sekarang Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi pada tahun 1959 sejumlah 50 KK transmigran lokal yang berasal dari Desa Sidondo 25 KK dan dari Desa Kaleke 25 KK. Penempatan transmigrasi umum pertama di Sulawesi Tengah yakni pada tanggal 28 Februari 1962 sejumlah 52 KK 243 jiwa yang berasal dari Pulau Bali ditempatkan di Desa Nambaru Kecamatan Parigi Kabupaten Donggala yang sekarang telah menjadi Kabupaten Parigi Moutong. //ca'/pul

altalt

Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016

  • PDF

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu diwakili asisten administrasi pemerintahan dan kesra setdakab poso M. Ari Pamungkas, SH, MH membuka secara resmi kegiatan sosialisasi permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) yang diprakarsai badan keuangan dan aset daerah kabupaten poso, bertempat di aula bapelitbangda kabupaten poso, (07/12/17).

Hadir dalam kegiatan tersebut sekretaris badan pengelelaan keuangan dan aset daerah kabupaten poso Albert Pangai, SE, MAP, para kepala OPD, kepala bidang pengelolaan aset daerah provinsi sulawesi tengah Dr. Rudi Dewanto, SE, MM, para camat, serta para peserta dan tamu undangan lainnya.

Panitia pelaksana Yufrina Razak, SE, MM dalam laporannya mengatakan, adapun tujuan dan sasaran penyelenggaraan sosialisasi ini adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good govermance) di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso khususnya pada pengelolaan barang milik daerah dan diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pemahaman terhadap standar pedoman yang sama dalam hal pengelolaan barang milik daerah, sehingga dapat tersosialisasikannya permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman barang milik daerah kepada OPD, bagian dan kecamatan. Yufrina Razak, SE, MM juga melaporkan adapun peserta bimtek berjumlah 150 orang, yang terdiri dari kepala OPD/bagian/camat, kasubag perencanaan program dan kasubag keuangan dan aset di libgkungan pemerinrah kabupaten poso.

Sementara sambutan tertulis Bupati Poso yang dibacakan langsung asisten administrasi pemerintahan dan kesra setdakab poso M. Ari Pamungkas, SH, MH menyampaikan, Barang Milik Daerah (BMD) sebagai salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, maka BMD perlu dikelola secara tertib agar dapat dimanfaatkan secara optimal dengan mengacu pada peraturan menteri dalam negeri nomor 19 tahun 2016 agar pengelolaan BMD tertib. Dimana pemanfaatan BMD dapat memberikan peluang bagi daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta meningkatkan fasilitas publik.

M. Ari Panungkas, SH, MH juga katakan sosialisasi ini dapat memberikan kontribusi bagi pemda poso, sehingga terjadi pemahaman yang sama dengan semua pihak dan mempunyai standar pedoman yang sama dalam pengelolaan BMD serta tertib pertanggungjawaban. Diakhir sambutannya M. Ari Pamungkas, SH, MH menekankan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, karena akan memberikan pengaruh yang besar dalam peningkatan pengelolaan BMD meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). //ca’/pul

alt

 

Forum Komunikasi Pengelolaan Pengadaan Barang Dan Jasa (FKP2BJ) Kabupaten Poso

  • PDF

Kegiatan forum komunikasi pengelolaan pengadaan barang dan jasa (FKP2BJ) kabupaten poso dibuka secara langsung kepala badan pendapatan daerah kabupaten poso Atmajaya Mardjun, S.Sos, MM mewakili bupati poso bertempat di ruang mpogombo kantor bupati poso, pada Rabu (6/12/17). Kegiatan ini diprakarsai oleh bagian unit layanan pengadaan barang dan jasa (ULPBJ) setdakab poso.

alt

"Kegiatan FKP2B kali ini bertujuan menggali dan memperoleh beragam informasi tentang masalah dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah di kabupaten poso, mengidentifikasi berbagai strategi dan pilihan-pilihan pemecahan masalah dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah di kabupaten poso dan terwujudnya sinergitas antara pemangku kepentingan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah di kabupaten poso dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan menuju kabupaten poso yang damai, adil dan sejahtera yang didukung SDM yang andal.dan bermartabat" ungkap Amrullah Malewa, S.Sos selaku panitia pelaksana.

Amrullah Malewa juga melaporkan kegiatan ini diikuti 120 orang peserta diantaranya pejabat pembuat komitmen (PPK), pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), panitia penerima hasil pekerjaan (PPHP) panitia pemeriksa barang, bendahara pengeluaran/bendahara pengeluaran pembantu, kelempok kerja (pokja) pejabat pengadaan dan pihak-pihak lain yang terlibat langsung dalam proses pengadaan barang/jasa.

Sementara sambutan tertulis bupati poso Darmin Agustinus Sigilipu yang dibacakan kepala badan pendapatan daerah kabupaten poso Atmajaya Mardjun, S.Sos, MM menyampaikan, keberadaan pengelola barang/jasa merupakan kunci sukses keberhasilan kegiatan pengadaan barang/jasa di kabupaten poso sehingga insan-insan pengelola pengadaan harus terus meningkatkan kompetensinya.

Atmajaya Mardjun juga berharap, melalui forum komunikasi ini dapat meningkatkan komunikasi diantara para pengelola pengadaan barang/jasa dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan agar diperoleh satu kesatuan tindak dan sikap dalam mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pengadaan barang/jasa sehingga nantinya mampu mengkomunikasikan kepada satuan kerja pengguna layanan diwilayahnya.

Diakhir sambutannya Atmajaya Mardjun, S.Sos, MM kembali berharap agar kegiatan ini dapat menjadi sarana berkomunikasi antara para stake holder yang terkait dengan proses pengadaan barang/jasa pemerintah di kabupaten poso sehingga akan terwujud persamaan persepsi untuk meminimalisir permasalahan yang ada di bidang pengadaan barang/jasa dan visi untuk meeujudkan kabupaten poso yang damai, adil.dan sejahtera dapat tercapai.

Kegiatan kali ini dihadiri sekretaris badan kepegawaian dan pengembangan SDM kabupaten.poso selaku pembawa materi Rulya Alamrie, SH, M.Si, kepala bagian layanan pengadaan barang/jasa setdakab poso Fredrik Noldi Taroreh, ST, para peserta dan undangan lainnya.

Forum Komunikasi Pengelolaan Pengadaan Barang Dan Jasa

  • PDF

Kegiatan Forum Komunikasi Pengelolaan Pengadaan Barang Dan Jasa (FKP2BJ) Kabupaten Poso dibuka secara langsung kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso Atmajaya Mardjun, S.Sos, MM mewakili Bupati Poso bertempat di ruang mpogombo kantor bupati poso, pada Rabu (6/12/17). Diprakarsai oleh bagian Unit Layanan Pengadaan Barang Dan Jasa (ULPBJ) setdakab poso. Kegiatan kali ini dihadiri sekretaris badan kepegawaian dan pengembangan SDM kabupaten poso, selaku pembawa materi Rulya Alamrie, SH, M.Si, kepala bagian layanan pengadaan barang/jasa setdakab poso Fredrik Noldi Taroreh, ST, para peserta dan undangan lainnya.

"Kegiatan FKP2BJ kali ini bertujuan menggali dan memperoleh beragam informasi tentang masalah dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah di kabupaten poso, mengidentifikasi berbagai strategi dan pilihan-pilihan pemecahan masalah dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah di kabupaten poso demi terwujudnya sinergitas antara pemangku kepentingan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah di kabupaten poso dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan menuju kabupaten poso yang damai, adil dan sejahtera yang didukung SDM yang andal dan bermartabat" ungkap Amrullah Malewa, S.Sos selaku panitia pelaksana. Amrullah Malewa juga melaporkan kegiatan ini diikuti 120 orang peserta diantaranya pejabat pembuat komitmen (PPK), pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), panitia penerima hasil pekerjaan (PPHP) panitia pemeriksa barang, bendahara pengeluaran/bendahara pengeluaran pembantu, kelempok kerja (pokja) pejabat pengadaan dan pihak-pihak lain yang terlibat langsung dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Sementara sambutan tertulis Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang dibacakan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso Atmajaya Mardjun, S.Sos, MM menyampaikan, keberadaan pengelola barang dan jasa merupakan kunci sukses keberhasilan kegiatan pengadaan barang dan jasa di kabupaten poso sehingga insan-insan pengelola pengadaan harus terus meningkatkan kompetensinya. Atmajaya Mardjun juga berharap, melalui forum komunikasi ini dapat meningkatkan komunikasi diantara para pengelola pengadaan barang dan jasa serta kemitraan dengan para pemangku kepentingan agar diperoleh satu kesatuan tindak dan sikap dalam mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa, sehingga nantinya mampu mengkomunikasikan kepada satuan kerja pengguna layanan diwilayahnya.

Diakhir sambutannya Atmajaya Mardjun, S.Sos, MM kembali berharap agar kegiatan ini dapat menjadi sarana berkomunikasi antara para stake holder yang terkait dengan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah di kabupaten poso, sehingga akan terwujud persamaan persepsi untuk meminimalisir permasalahan yang ada di bidang pengadaan barang dan jasa, untuk mewujudkan visi kabupaten poso yang damai, adil dan sejahtera. //ca’/pul

alt




Hari Bhakti PU Yang Ke-72 Tahun 2017

  • PDF

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu Yang Diwakili oleh Plt. Sekertaris Daerah Kabupaten Poso, Drs. Joksan Lakukua. Menghadiri Syukuran Dalam Rangka Hari Bhakti PU Yang Ke-72 Tahun 2017, bertempat dihalaman Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Poso, Dengan Mengusun Tema "Bekerja Keras - Bergerak Cepat - Bertindak Tepat". Senin, (04/11/17).

Dalam sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso ingin lebih mempercepat proses pembangunan akses jalan pada tahun 2018 ini adalah satu upaya mempercepat aksesibilitas membangun di Kabupaten Poso. Ini akan menjadi program kami, selain pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui sejumlah pembanguan di Kabupaten Poso.

Kadis PU Poso Faidul Keteng mengatakan, sesuai dengan tema “Bekerja Keras - Bergerak Cepat - Bertindak Tepat” merupakan suatu pembulatan tekad bagi kami untuk mempercepat aksesibilitas dan infrastruktur dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kemudian mewujudkan infrastruktur dan membuka isolasi dan mendorong pertumbuhan di kawasan pinggiran, ujarnya. //ca’/pul

altaltalt

Apel Siaga dan Pelantikan Pimpinan Daerah/Kecamatan Partai Golkar

  • PDF

Apel siaga dirangkaikan pelantikan pimpinan daerah (PD) Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Poso dan pimpinan Kecamatan Partai Golkar, pimpinan desa dan kelurahan se-kecamatan poso pesisir bersaudara secara langsung dilantik oleh ketua dewan pimpinan daerah (FPD) partai golkar kabupaten poso Darmin Agustinus Sigulipu dilanjutkan dengan penyerahan pataka kepada pengurus kecamatan, desa/kelurahan yang diwakili ketua PK poso pesisir desa patiwunga bertempat di lapangan sepak bola desa sa'atu kecamatan poso pesisir, pada Senin (04/12/17).

alt
Sarifudin Odjobolo selaku ketua panitia mengatakan pelantikan PD AMPG Kabupupaten Poso yang sebelumnya diawali dengan kegiatan jambore AMPG yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 november 2017 yang diikuti 100 orang peserta dari 19 kecamatan se-kabupaten poso, dan kegiatan bersumber dari dana ketua DPD partai golkar kabupaten poso, ketua harian DPD partai golkar kabupaten poso, anggota fraksi partai golkar wilayah dapil IV serta partisipasi teman-teman pengurus AMPG kabupaten poso.


Sementara ketua DPD partai golkar kabupaten poso Darmin Agustinus Sigilipu, dalam sambutannya menyampaikan perkembangan politik partai golkar kabupaten poso mengalami perkembangan yang cukup baik, hal ini dapat dilihat dalam pemilihan legislatif anggota DPRD kabupaten poso pada tahun 2014 dan pemilihan kepala daerah kabupaten poso tahun 2015.

“Khusus untuk pemilihan legislatif tahun 2014 kecamatan poso pesisir bersaudara memberikan konstribusi suara sebesar 4.227 suara atau 17,57 % dari jumlah suara daerah pemilihan IV sebesar 24.055 suara, untuk perolehan tersebut, poso pesisir bersaudara memperoleh 1 kursi anggota DPRD kabupaten poso” Jelas Bupati.


Darmin Agustinus Sigilipu juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat kabupaten poso khususnya masyarakat daerah pemilihan IV karena pada pemilihan kepala daerah pada tahun 2015 secara keseluruhan partai golkar didukung oleh partai PKS, PPP dan PBB pada daerah pemilihan IV telah memperoleh 7.518 suara atau 19,04 % "dari jumlah perolehan suara 39.484 mengantarkan kami menjadi pemimpin di bumi sintuwu maroso semoga Kami dapat menjalankan amanat ini dengan baik" ungkapnya.


Diakhir sambutannya Darmin Agustinus Sigilipu berpesan kepada pengurus yang baru saja dilantik agar melaksanakan perintah harian.

Hadir dalam kegiatan tersebut fraksi partai golkar kabupaten poso bersama jajarannya, ketua-ketua dewan penasehat bersama pengurus dewan penasehat DPD partai golkar kabupaten poso, pengurus kecamatan dan pengurus desa/kelurahan yang dilantik, para sesepuh dan pini sepuh partai golkar, unsur tripika kecamatan poso pesisir bersaudara, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, tokoh adat dan undangan lainnya.