Kam01182018

Last update01:54:49 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PENDIDIKAN KESEHATAN DAN TRANSPORTASI Kesehatan Workshop Penyusunan Rencana Aksi Daerah ( RAD) Pengendalian Tuber Culosis (TB) Dan Penguatan Komitmen Daerah Menuju Eliminasi TB 2035 Di Kabupaten Poso

Workshop Penyusunan Rencana Aksi Daerah ( RAD) Pengendalian Tuber Culosis (TB) Dan Penguatan Komitmen Daerah Menuju Eliminasi TB 2035 Di Kabupaten Poso

Bupati.Poso Darmin Agustinus Sigilipu diwakili asisten administrasi pemerintahan dan kesra setdakab poso M. Ari Pamungkas, SH, MH membuka secara resmi kegiatan workshop penyusunan rencana aksi daerah ( RAD) pengendalian tuber culosis (TB) dan penguatan komitmen daerah menuju eliminasi TB 2035 di kabupaten poso yang diprakarsai oleh dinas kesehatan kabupaten poso, bertempat di ruang mpogombo kantor bupati poso (08/12/17).

Untuk dapat menangani permasalahan TB di indonesia, kementerian kesehatan telah menyusun rencana aksi nasional (RAN) penanggulangan TB tahun 2016-2020 dan menetapkan target-target yang harus dicapai pada akhir tahun 2020. Tahapan manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan maupun monitoring evaluasi yang melibatkan kerjasama lintas program dan sektor untuk sinergitas dalam pencapaian program TB dan memerlukan kerjasama dengan OPD terkait sekaligus mitra lokal sehingga perlu dilaksanakan workshop RAD dan penguatan komitmen daerah menuju eliminasi TB 2035 di kabupaten poso menurut Siti Rahma, SKM, M.Kes selaku laporan panitia pelaksana.


Siti Rahma, SKM, M.Kes juga memyampaikan adapun tujuan kegiatan workshop adalah untuk meningkatkan komitmen pemerintah kabupaten poso dalam program penanggulangan TB menuju eliminasi TB 2035, mendapatkan gambaran tentang program dan capaian program penanggulangan TB kabupaten poso, mensosialisasikan kebijakan serta merumuskan kegiatan prioritas yang telah dirumuskan menuju eliminasi TB 2035
Siti Rahma diakhir laporannya mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh OPD terkait, rumkit, dokter praktek mandiri, organisasi profesi, kepala puskesmas se-kabupaten poso dan pengelola program TB puskesmas.
sementara sambutan tertulis bupati poso dibacakan langsung asisten administrasi pemerintahan dan kesra setdakab poso M. Ari Pamungkas, SH, MH mengharapkan pemerintah daerah kabupaten poso melalui dinas kesehatan kabupaten poso dapat memperkuat kolaborasi di semua tingkatan dengan semua kalangan termasuk swasta dan dunia usaha, organisasi kemasyarakatan/keagamaan/profesi serta berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama mengakhiri penyakit TB, karena ini merupakan masalah kita bersama dalam penyembuhan penyakit TB.
Hadir dalam kegiatan tersebut kepala rutan kelas II B Jamal Bardi, SH, kepala dinas kesehatan kabupaten poso dr. N. Taufan Karwur, para kepala puskesmas se-kabupaten poso, para peserta dan undangan lainnya.