Jum11242017

Last update12:49:03 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA PENDIDIKAN KESEHATAN DAN TRANSPORTASI Kesehatan Launching two in one "Akku So Ada"

Launching two in one "Akku So Ada"

alt

Kabupaten Poso terus berinovasi menemukan formulasi yang tepat bagi terselenggaranya pelayanan prima bagi masyarakat, teristimewa dalam hal memperoleh identitas sah sebagai warga negara. 


Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Poso melaunching two in one  "Akku So Ada" yaitu program Layanan Dokumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga Secara Bersama, pada Selasa ( 24/10/17),di halaman Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Poso.

Akku So Ada, adalah singkatan dan memiliki makna (Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga) So ada. Bahasa sehari-hari yang sering dipakai oleh masyarakat Poso dan mengartikan sudah ada. Hal ini menjadi suatu keharusan agar masyarakat yang bersangkutan dapat menikmati program-program Pemerintah baik dari segi Pendidikan, Kesehatan serta kehidupan yang layak sehingga akan tercapai tujuan menjadikan Poso sebagai Kota CERDAS.


Dalam laporan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Drs. Sophia Purayow, M.Ap bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Poso dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Bagi warga yang ingin mendapatkan AKKU So Ada, diperlukan beberapa Persyaratan Penerbitan Akta Lahir yaitu, foto copy Kartu Keluarga, foto copy KTP el Orang Tua, foto copy KTP el saksi 2 orang, foto copy buku nikah/akta nikah dan surat keterangan kelahiran dari bidan/dokter.


Sementara Bupati Poso melalui sambutannya, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Poso,
 Ir. Samsuri, M.Si menegaskan bahka program ini sangat baik karena akan membantu masyarakat, terhadap ibu yang melahirkan akan langsung mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga Secara Gratis.


Kedepan pelayanan ini akan berlaku juga di Puskesmas-Puskesmas yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Poso. Menurut wabup, bahwa hal-hal terkecil, kadang dilupakan namun memiliki pengaruh besar terhadap anak dan keluarga. Olehnya jangan menyepelekan identitas anak, karena kedepan sangat dibutuhkan dan akan memudahkan dia dalam menjalani kehidupan terlebih dalam meraih cita-cita dan masa depannya. 
Melalui program kerjasama ini, semoga masyarakat mendapat kemudahan terhadap hak mendapatkan pengakuan dari Negara.

Menutup sambutannya Wakil Bupati Poso, menyerahkan secara simbolis kepada seorang pasien bersalin di RSUD Poso, Ibu Zulfikry Fadila berupa Dokumen Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga didampingi Kepala Dinas Dukcapil dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Poso.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kesehatan, Kadis PU dan OPD lain, Bidang dan Seksi yang terkait, staf dan karyawan RSUD, undangan serta perwakilan penerima dokumen akta kelahiran dan kartu keluarga serta pewarta baik cetak maupun elektronik. (sumber Humas dan Protokoler Setrdakab Poso)