Kam01182018

Last update01:54:49 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Sosial Budaya Hut Desa Taripa ke-106

Hut Desa Taripa ke-106

alt
alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 3
  • Selanjutnya
Bupati Poso didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Poso, para kepala OPD kabupaten Poso, Camat Pamona Timur, Kapolsek, dan dihadiri oleh Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita,Tokoh Adat dan masyarakat Desa Taripa, Rabu (27/12/17).

Kepala Desa Taripa Aman Wuri, BA sebelum menyampaikan dalam laporannya, mengajak para tamu undangan untuk berdiri sejenak untuk mengenang jasa para pendiri desa Taripa yang telah mendahului.
Dalam laporannya, Kepala Desa Taripa menyatakan bahwa Desa Taripa berdiri pada 27 Desember tahun 1911 dan sampai saat ini, pada 27 Desember tahun 2017 , telah genap berusia 106 Tahun. Dokumen sah yang menyatakan bahwa Desa Taripa berdiri sejak tahun 1911, di tanda tangani oleh Ir. WR. Tobondo, moderator pada saat itu, TY. Marola, Tokoh masyarakat Drs. S. Pelima, Tokoh Perempuan Melania Manganti, Lembaga Adat MD. Pindongo. Ketua panitia Aman Wuri dan Camat Yesaya Laweangi.

Melalui acara ini, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu juga meresmikan Balai Desa, penginapan desa yang terdapat 4 kamar, riol, sarana olah raga desa (Lapangan futsal, volly ball, bulu tangkis dan sepak takraw) yang pembangunannya melalui Anggaran Dana Desa Tahun 2017.
Melalui sambutannya, Bupati Poso menyampaikan Desa Taripa memiliki potensi alam untuk pengembangan budidaya pertanian, sehingga menjadi primadona bagi produktifitas hasil pertanian. Diusia ke- 106 tahun Desa Taripa kali ini, menjadi momentum Instropeksi bersama antara pemerintah dan masyarakat, untuk resolusi berupa kebulatan tekad dalam mengambil sikap, guna meningkatkan kesejahteraan, kemajuan dan kemakmuran di desa ini. Karenanya Bupati Poso sangat merespon langkah-langkah pemerintah desa Taripa yang mengupayakan kesejahteraan warga masyarakatnya melalui kegiatan Program yang pro rakyat serta upaya lainnya yang dapat mendorong pertumbuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Bupati Poso, Darmin A. Sigilipu menambahkan bahwa momen HUT Desa ini juga harus menjadi suatu kekuatan yang akan memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat untuk terus bekerjasama dalam membangun desa. Menanamkan jiwa gotong royong dan cinta desa. Sehingga desa Taripa yang menjadi perlintasan antar kabupaten maupun antar propinsi menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Selanjutnya, Bupati Poso menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba kebersihan antar RT. Sebagai pemenang yang meraih Juara 1 adalah Rt 3, juara 2 adalah RT 2, juara 3 diraih oleh RT 4, juara harapan 1 dirah RT 1, dan juara harapan 2 diraih oleh RT 5. Menutup rangkaian acara, Bupati Poso menyempatkan waktu untuk mengunjungi dan melihat langsung bangunan sarana olah raga bagi masyarakat desa Taripa. Mencintai desa dan menjadikannya pujaan hati, akan menghadirkan nuansa indah bagi pembangunan desa. Karena bermula dari desa, segala hal tercipta. //ca’/pul