Rab12132017

Last update12:01:25 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Pembangunan

Pembangunan

Hari Bhakti PU Yang Ke-72 Tahun 2017

  • PDF

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu Yang Diwakili oleh Plt. Sekertaris Daerah Kabupaten Poso, Drs. Joksan Lakukua. Menghadiri Syukuran Dalam Rangka Hari Bhakti PU Yang Ke-72 Tahun 2017, bertempat dihalaman Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Poso, Dengan Mengusun Tema "Bekerja Keras - Bergerak Cepat - Bertindak Tepat". Senin, (04/11/17).

Dalam sambutan Bupati Poso yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso ingin lebih mempercepat proses pembangunan akses jalan pada tahun 2018 ini adalah satu upaya mempercepat aksesibilitas membangun di Kabupaten Poso. Ini akan menjadi program kami, selain pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui sejumlah pembanguan di Kabupaten Poso.

Kadis PU Poso Faidul Keteng mengatakan, sesuai dengan tema “Bekerja Keras - Bergerak Cepat - Bertindak Tepat” merupakan suatu pembulatan tekad bagi kami untuk mempercepat aksesibilitas dan infrastruktur dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kemudian mewujudkan infrastruktur dan membuka isolasi dan mendorong pertumbuhan di kawasan pinggiran, ujarnya. //ca’/pul

altaltalt

HUT Korpri ke-46 Dirangkaikan Dengan Launching Tiga Proyek Perubahan

  • PDF

Peringatan HUT Korpri ke-46 tingkat Kabupaten Poso yang berlangsung di lapangan Sintuwu Maroso Poso Rabu, (29/11/17) Wabup Poso Ir, Samsuri, M.Si melaunching tiga proyek perubahan yang digagas tiga Kepala OPD Poso masing-masing Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ir, Lusiana Sigilipu, M.Si, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Yan Edward Guluda, SH, M.Si, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Hj.Sri Ayu Utami, S.Sos, M.SI untuk dipersembahkan kepada masyarakat dan tanah Poso tercinta, tiga proyek perubahan tersebut yaitu ;
1. Bangun desa cerdas (cepat dapat akses informasi ) dan promosi pariwisata.
Bangun desa cerdas merupakan program koneksitas antara desa-desa di kabupaten poso melalui website desa dan website dinas pmd sehingga mempercepat proses koordinasi, pelaporan kegiatan-kegiatan pembangunan di pedesaan serta promosi obyek wisata desa ke luar daerah.
2. Memorandum of Understanding (MoU) tentang pengembangan kepariwisataan terpadu antara badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia dengan 15 opd poso untuk peningkatan arus kunjungan pariwisata di kabupaten poso.
3. Gerakan madago pai meawa.
Gerakan madago pai meawa sebagai gerakan bersama yang baik yang menghasilkan hasil yang lebih istimewa. Gerakan ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketentraman serta ketertiban di kawasan wisata sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada disekitar kawasan wisata kabupaten poso.

Ketiga proyek perubahan yang dilaunching tersebut wabup harapkan dapat melaksanakan komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan di daerah ini khususnya yang berkaitan langsung dengan sector pariwisata untuk saling sinergis meningkatkan PAD Poso //ca’/pul

altaltalt

Membangun Kabupaten Poso Dengan Sistem Informasi dan Evaluasi

  • PDF

Sosialisasi Sistem Informasi dan Evaluasi (SI-MONEV) dan PERMENDAGRI No. 86 Tahun 2017 pengganti PERMENDAGRI No. 54 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Peraturan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, RKPD.

Bupati Poso diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Yoksan Lakukua menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi SI-MONEV bertempat di Hotel Kartika Poso. Didampingi kepala-kepala OPD, Kepala Dinas Kumperindag, Sekretaris Dinas Pariwisata, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Capil serta beberapa Kepala Bagian dilingkungan Pemdakab Poso serta para peserta sosialisasi dari seluruh OPD bagian Perencanaan dan Narasumber, pada Senin (27/11/17)


Laporan Suratno, SP., M.Si Kepala Bapelitbangda Kabupaten Poso menyampaikan, pebedaan era Permendagri 86 dan 54 berakibat berubahnya tata cara, baik yang menyangkut perencanaan sampai dengan evaluasi.
Untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan Dokumen, sehingga kegiatan ini perlu dilakukan. Sistem keterbukaan informasi serta kecepatan akses memperoleh data yang akurat, menjadikan media elektronik sangat berperan aktif.


Bupati Poso melalui Plt. Sekda Kabupaten Poso dalam sambutannya menyampaikan Pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan merupakan tujuan Pemdakab Poso. Mengintegrasikan segala potensi yang dimiliki di Kabupaten Poso untuk tercapainya tujuan mulia ini.
Bagian-bagian perencanaan yang ada di tiap OPD harus benar memahami dan menguasai hal apa saja yang diprogramkan sesuai dengan perundang-undangan sehingga sejalan dengan tujuan pembangunan daerah.


Lebih lanjut Plt. Sekda Kabupaten Poso sebelum melanjutkan sambutannya, mengabsen peserta sosialisasi untuk mengetahui OPD mana saja yang terlibat aktif dan menghimbau kepada Panitia untuk kembali menghubungi peserta lain yang belum sempat hadir. Agar kegiatan ini dipahami secara merata oleh seluruh OPD yang ada dan supaya merata dalam pemahaman terhadap tujuan kegiatan ini.
Pemda Kabupaten Poso telah berkomitmen dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terutama dalam perencanaan dan pengadaan barang, sehingga sistemnya sudah harus melalui elektronik atau on line dan bisa dilihat oleh siapa saja. Terbuka agar masyarakat dapat lebih percaya terhadap kinerja pelayannya.
Mengakhiri sambutannya, Plt. Sekdakab Poso menyampaikan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini bisa tercapai. Poso yang maju, adalah Poso yang transparans dan tebuka.

alt

Bantuan BRI Cabang Poso dan PT Poso Energy Kepada Pemda Poso

  • PDF

Penanaman Seribu Pohon Kencana Ketapang dari BRI Cabang Poso dan Tong Sampah dari PT Poso Energy diserahkan ke pihak Pemda Poso, diterima langsung secara simbolis oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wabup Poso Ir, Samsuri, M.Si, pada Apel Bersama Lingkup Kantor Pemda Poso di Halaman Kantor Bupati Poso Senin, (20/11/17).

Bupati Poso mengapresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak swasta dan perbankan yang telah mendukung upaya dan program Pemda Poso untuk kabupaten Poso yang bersih, indah, sejuk dan nyaman sehingga dapat meraih penghargaan Adipura. “ Saya mengajak seluruh stakeholder yang ada di daerah ini untuk secara bersama-sama, bergotong-royong dan berbenah membersihkan lingkungan sekitar, jalan-jalan, tempat-tempat ibadah serta fasilitas umum lainnya” Seru Bupati. Menurut Bupati, bahwa seberat apapun pekerjaan itu jika dikerjakan secara bersama dan saling sinergis pasti bisa diselesaikan dengan mudah. Saya sangat optimis penghargaan Adipura kita bisa hadirkan di Poso, kata Bupati dalam memberikan semangat dan motivasi kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih disiplin dan meningkatkan ethos kerja.
Pada Apel bersama tersebut turut hadir Pimpinan Cabang BRI Poso bersama jajarannya, mewakili pimpinan PT. Poso Energy, dan mengikuti pelaksanaan apel bersama dilingkup pemda. //ca’/pul

altalt

Expose Penelitian Penyesuaian NJOP dan ZNT PBB P-2

  • PDF

Expose Penelitian Penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan Zona Nilai Tanah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (ZNT PBB P-2) oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso bekerjasama Dengan Kantor Pajak Pratama Poso. Dilaksanakan di Hotel Otanaha, Kamis (16/11/17 ). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi oleh Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Poso Noly Tandawuya, SH, dan Perwakilan dari Pajak Pratama Poso, yang diikuti oleh para Camat dan seluruh lurah yang berada di Kecamatan Poso Kota Bersaudara dan beberapa OPD terkait serta para undangan.

Sambutan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso Atmadjaya A. T. Mardjun, S.Sos., MM menyampaikan NJOP yang ada dikabupaten Poso kenyataannya sangat jauh realisasinya dibandingkan dengan transaksi-transaksi yang sesungguhnya terjadi, sehingga untuk mensikapi kondisi ini harus dilakukan penelitian. Pada tahun 2017 oleh Badan Pendapatan Daerah, PBB Kabupaten Poso diperkirakan sekitar 4,5 Milyar dan pada perubahan ditaksir naik menjadi 5 M. Dari perkiraan yang dilakukan, tentunya harus dipertegas dengan melakukan penelitian agar target realisasi yang ingin dicapai lebih maksimal. Tentunya untuk mencapai hal tersebut perlu dukungan semua pihak, terlebih masyarakat. Karena hasil yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk pembangunan di Kabupaten Poso.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Poso menegaskan agar kita memberikan kontribusi bagi peningkatan PAD, sehingga kedepan pembiayaan untuk pembangunan Daerah yang merata serta berkeadilan dapat terwujud. PBB Perkotaan dan Perdesaan, berpotensi besar dalam mendukung pembiayaan pembangunan. Kawasan-kawasan deinsentif dan insentif yang didorong untuk dijadikan pemukiman sehingga pembangunan jalan-jalan lingkungan, penyediaan aliran listrik dan air perlu untuk disiapkan. Kondisi ini mengharuskan kita semua untuk duduk bersama, mencari alternatif terutama dalam penataan ruang sehingga pemukiman yang kita tempati dapat terpenuhi nilai ekonominya dan dapat mengangkat keberadaan masyarakat tersebut. Lanjut Wakil Bupati Poso, sebuah usaha yang didasarkan atas kerja keras pasti akan membuahkan hasil terbaik. Orang Cerdas, Paham dan Sadar untuk Membayar Pajak. //ca’/pul

alt

alt