Sel10172017

Last update12:46:39 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA

Penyuluhan Bahasa Indonesia Di Media Publik Bagi Instansi Pemerintah Dan Swasta Sekabupaten Poso

Balai Bahasa Sulawesi Tengah mengadakan penyuluhan bahasa indonesia di media publik bagi instansi pemerintah dan swasta sekabupaten poso, dibuka secara resmi Bupati Poso yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Joksan Lakukua, bertempat di aula hotel 77 poso, 16/10/17.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah diwakili oleh koordinator pengajaran bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA) Dr. Herawati, SS, MA, Kepala Bagian Hukum Dan HAM Setdakab Poso Eske Sonora, SH, para pesuluh dan undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis kepala balai bahasa sulawesi tengah yang dibacakan koordinator pengajaran BIPA Dr. Herawati, SS, MA menyampaikan bahwa bangsa indonesia terdiri atas beribu suku bangsa yang menjalin hubungan bilateral dengan negara lain. oleh sebab itu sudah sepatutnya kita utamakan penggunaan bahasa indonesia, kita lestarikan bahasa daerah tetapi tetap kita pelajari bahasa asing. Dr. Herawati, SS, MA juga mengatakan bahwa berdasarkan undang-undang republik indonesia nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan terutama dalam pasal 36 ayar 3-4 "bahasa indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan atau bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau pemukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi yang didirikan atau dimiliki oleh warga negara indonesia atau badan hukum indonesia". Diakhir sambutannya Dr. Herawati mengatakan pemartabatan bahasa indonesia bukan hanya tanggung jawab balai bahasa sulteng sebagai lembaga kebahasaan di daerah, melainkan juga tanggung jawab pemerintah daerah agar bahasa indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan melestarikan bahasa daerah, terutama bahasa daerah yang ada di kabupaten poso sebagai lambang jati diri kedaerahan agar tetap lestari dan tidak terancam punah.

Sementara ditempat yang sama Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Poso dalam sambutan tertulis Bupati mengatakan penggunaan bahasa indonesia dengan baik dan benar dalam media luar ruang perlu didukung dengan kemampuan berbahasa indonesia para pejabat, staf atau karyawan pemerintah dan swasta sehingga perlu bekerja sama dalam hal peningkatan kompetensi berbahasa indonesia, bukan hanya bagi pejabat melainkan juga bagi seluruh staf atau karyawan pemerintah dan swasta yang ada di kabupaten poso. Diakhir sambutannya Drs. Joksan Lakukua mengatakan kegiatan penyuluhan bahasa indonesia merupakan momen yang sangat penting untuk menimbah ilmu kebahasaan, terutama penggunaan bahasa di media luar ruang baik bahasa indonesia, bahasa daerah maupun bahasa asing.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari Balai Bahasa Sulawesi Tengah, diserahkan langsung oleh Dr. Herawati, SS, MM kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Poso yang secara langsung diterima oleh Drs. Joksan Lakukua. //ca’/pul

altalt

Open Tournament Tinombala Grasstrack

Pembukaan kejuaraan open tournament tinombala grasstrack memperebutkan piala kapolres poso dibuka secara resmi oleh Wakapolres Poso Kompol.Gede Suara, SH bertempat di sirkuit bukit jati ratulene kecamatan poso pesisir., 13/10/17.
Hadir dalam kejuaraan open tournament tinombala grasstrack adalah Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dari partai demokrat wiwid dan peserta kejuaraan open tournamet tinombala grasstrack.serta warga masyarakat lainnya.

Acara diawali dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Anas mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh poso motor sport dan JJM juan jaya mandiri group club automotif yang terdaftar di pengurus pusat ikatan motor indonesia dan pengprov IMI sulteng dengan tujuan menjadi ajang seleksi para atlit grasstrack untuk dapat bersaing dengan daerah lainnya di tingkat nasional, melatih mental dan rasa percaya diri menyalurkan hoby dan bakat, menciptakan kedisiplinan atlit balap motor serta rasa solidaritas, sportivitas dan mempromosikan poso kota cerdas (ceria, elok, ramah, damai, adil dan sejahtera). Anas juga mengatakan bahwa kejuaraan ini diikuti oleh croser-croser nasional yaitu dari manado, kendari serta malang dan croser-croser lokal poso, morowali dan tojo una-una. Diakhir laporannya Anas menyampaikan, bahwa adapun kelas umum terbuka yang dilombakan adalah kelas bebek modifikasi 4 langkah 110 cc senior, 125 cc senior serta kelas sport dan trail senior sedangkan untuk kelas umum lokal poso, morowali dan touna adalah kelas bebek standart non kategori, kelas bebek modifikasi 2 tak/4 tak non kategori dan kelas FFA non kategoti.

Sementara Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ajang open tournament grasstrack tinombala merupakan salah satu wujud sarana penyaluran bakat positif bagi anak-anak muda poso yang hobi dengan balapan grasstrack sehingga menjadi tontonan yang menarik bagi kita semua pencinta motor kros dan grasstrack di kabupaten poso dan sekitarnya. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan kegiatan ini membawa dampak yang positif bagi anak-anak poso dan daerah lainnya sehingga dapat melahirkan prestasi yang membanggakan, dan kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antara masyarakat dengan satgas tinombala yang sudah sangat menyatu untuk menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di wilayah poso pesisir. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan, kepada seluruh peserta lomba grasstrack untuk mengikuti dengan penuh semangat serta jiwa sportivitas yang tinggi untuk meraih kemenangan menjadi juara sehingga dapat mengukir prestasi tingkat kabupaten bahkan tingkat provinsi dan nasional di masa yang akan datang.

Ditempat yang sama Kapolres Poso dalam sambutan tertulisnya dibacakan langsung Wakapolres Kompol. Gede Suara, SH menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah bukan hanya untuk mencari juara ataupun siapa yang menjadi pemenang tapi melainkan untuk memperkuat tali silaturahmi dan persahabatan antara satuan tugas tinombala TNI/Polri polres poso dan masyarakat kabupaten poso. Wakapolres juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan para peserta jangan jadikan ajang ini sebagai ajang ngebut-ngebutan di jalan raya dalam berkendara, tapi laksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan peruntukannya.

Dan untuk mengawali kejuaraan open tournament tinombala grasstrack Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi Wakapolres Poso Kompol. Gede Suara, SH, Anggota DPRD proviinsi sulteng Wiwid, Direktur utama JJM juan jaya mandiri group poso Irwan Tabalu melepas secara langsung peserta grasstrack cilik yang berumur 10 tahun sampai 12 tahun.//ca'/pulaltaltalt

Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Kembali Meluluskan 133 Wisudawan/wisudawati

Universitas Kristen Tentena (Unkrit) kembali meluluskan 133 wisudawan/wisudawati dan secara langsung Rektor Unkrit Amossius Rompolemba Andi Baso Maringgi, SP. M.Si mewisuda dengan rincian fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dengan 4 program studi sebanyak 77 orang, fakultas ekonomi dengan 2 program studi sebanysk 40 orang, fskultas pertanian dengan 1 program studi sebanyak 10 orang dan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dengan 1 program studi sebanyak 16 orang, dengan wisudawan/wisudawati terbaik tingkat fakultas/program studi adalah susanti walenta IPK 3,72 program studi manajemen masa studi 4 tahun, silvia matengku IPK 3,89 program studi pembangunan masa studi 4 tahun, Masrul Junianto Langganido IPK 3,82 program studi biologi masa studi 4 tahun, Novelin Rianita Lawasi IPK 3,83 program studi matematika masa studi 4 tahun, Fricilia Priska Natali Kolibu IPK 3,66 program studi bahasa inggris masa studi 4 tshun, Novita Yesi Ntada IPK 3,72 program studi PAUD masa studi 4 tahun, Seprianus Pereru IPK 3,90 program studi sosiologi pembangunan pedesaan masa studi 4 tahun dan Dedy Setiawan Toliansa IPK 3,35 program studi agribisnis masa studi 4 tahun. Wisuda sarjana angkatan V Unkrit tahun 2017 berlangsung di auditorium Jusuf Kalla Unkrit, senin 09/11-17, dihadiri oleh Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen GKST Pdt. Omnesimus Lagatonda, M.Th, Ketua Majelis Sinode GKST Pdt. Jetroson Rense, M.Th, Kopertis Wilayah IX kepala seksi akademik kemahasiswaan kopertis wilayah 9 sulawesi Dr. H. Lusman, MM, senat universitas, wisudawan/wisudawati bersama orang tua dan undangan lainnya. 


Dalam sambutan Rektor Unkrit Amossius RAB Maringgi, SP.M.Si menyampaikan bahwa sejak berdirinya universitas ini pada tahun 2007 telah dihasilkan sarjana dari 4 fakultas sejumlah 660 orang, dan pada hari ini sebanyak 133 orang yang akan diwisuda tentunya akan menambah jumlah lulusan pada tahun ini sebanyak 793 orang, lulusan ini adalah wujud tanggung jawab dan karya Unkrit yang dipersembahkan bagi bangsa dan negara RI. "Sebagai wujud kepercayaan publik maka tahun ini kami telah menerima kunjungan Asesor Badan Akreditas Nadional yang telah melaksanakan akreditas eksternal terhadap prodi manajemen ekonomi pembangunan, pendidikan biologi, agribisnis dan selanjutnya tanggal 11 oktober 2017 akan dilaksanakan visitasi BAN PT terhadap prodi pendidikan anak usia dini" ungkapnya. Selain itu Amossius RAB Maringgi juga katakan prodi pendidikan matematika, bahasa inggris dan prodi sosiologi sedang dalam proses pengajuan reakreditas berbasis online dan tahun ini sedang mempersiapkan proses pengajuan akreditas instansi.


Sementara di tempat yang sama Wakil Bupati Poso dalam sambutannya menyampaikan sukses studi yang telah diraih saat ini bukanlah puncak dari presrasi yang dicapai, akan tetapi sukse hari ini merupakan tahap sukses beriikutnya yang sangat ditentukan oleh eksitensi sebagai manusia terpelajar dan terdidik yang siap mengabdikan diri mengemban amanah untuk kesejahteraan bangsa dan negara melalui bidang tugas masing-masing, sehingga ilmu yang dimiliki dapat dimanfaatkan dan diamalkan disekitar lingkugan bahkan untuk daerah dan bangsa kita sehingga bermanfaat bagi umat dan masyarakat. Ir. Samsuri, M.Si juga mengharapkan salah satu cara medapatkan nilai tambah tentunya mengikuti pendidikan formal seperti mengikuti pendidikan tingkat tinggi di universitas atau sekolah tinggi karena ilmu pengetahuan para wisudawan telah mempunyai segudang bekal hidup untuk mudah mendapatkan lapangan pekerjaan dengan mampu menjadi enterprenur didalam menciptakan peluang-peluang pekerjaan dan usaha sendiri, dan enterprenur bukan saja dimiliki kaum kapitalis yang memiliki modal besar tetapi kalian para wisudawan yang mampu mengusahakan sesuatu yang belum ada menjadi ada bahkan layak untuk dijual dan menciptakan sesuatu yang lebih menghasilkan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso ir. Samsuri, MSi menyampaikan ucapan terimah kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan materil maupun moril terhadap kemajuan dan perkembangan Unkrit yang saat ini telah mewisuda ratusan sarjana, semoga jerih payah saudara kiranya Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan balasan yang setimpal.


Sementara kopertis wilayah IX sulawesi kepala seksi akademik kemahasiswaan Dr. H. Lusman, MM dalam sambutannya menginformasikan bahwa diluar sana masih ada orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyelenggarakan pembelajaran kelas jauh yang sangat dilarang oleh pemerintah, bahkan ada perguruan tinggi yang menerima mahasiswa sebelum mendapatkan izin dari kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi, bahkan ada yang menyelenggarakan proses perkuliahan akademik tidak sesuai dengan peraturan akhirnya menyulitkan diri sendiri dalam kelulusan yang dihasilkan, dan apabila di sulawesi tengah atau di kabupaten poso ditemukan ada pengelola kelas jauh agar dilaporkan ke kopertis wilayah IX untuk diambil tindakan. Dr. H. Lusman, MM juga sampaikan dalam memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan tinggi, pilihlah perguruan tinggi yang berkualitas yang taat azas, perguruan tinggi yang berkualitas dan mempunyai komitmen seperti para wisudawan-wisudawati yang memilih Unkrit, yang 4 tahun lalu dan hari ini resmi menjadi wisudawan-wisudawat yang profedional, sebagai tanda penghargaan atas pengelolaan Unkrit, perguruan tinggi yang sehat dan berkualitas maka koordinator wilayah IX sulawesi tahun ini memberikan beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) kepada mahasisa Unkrit.

Di HUT Ke-72 TNI Di Poso, TNI Berhasil Bebaskan Sandera

​Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya tanggal 5 Oktober, adalah merupakan Pelestarian Tradisi, Nilai Juang dan Memupuk Kebanggaan serta Jiwa Korsa TNI.Peringatan HUT TNI Ke-72, tanggal 5 Oktober 2017 se-Sulawesi Tengah, dipusatkan dilapangan Alun-alun Sintuwu Maroso, Poso.

alt

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilupu bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan amanat Panglima TNI dalam upacara HUT TNI Ke-72 di poso.Adapun tema HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 yaitu, “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur”.

Tema tersebut bermakna bahwa TNI bertujuan merefleksikan niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk selalu berbuat dan berkarya lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI.

Usai seluruh prosesi upacara, dilanjutkan dengan beberapa aksi, teatrikal, tari, dan parade defile dari Tiga (3) Matra TNI bekerjasama dengan partispasi warga dan pihak Pemda Poso.

Unsur dari pihak dari Kepolisian pun dilibatkan dalam aksi parade defile. Kegiatan HUT TNI di poso berlangsung meriah, warga masyarakat berbondong-bondong datang menyaksikan aksi-aksi yang ditunjukan oleh para prajurit TNI. Yang paling ditunggu-tunggu adalah aksi para pasukan elit TNI dari satuan Gultor Kopassus saat membebaskan seorang sandera dari para teroris. Pasukan elite TNI ini turun dari helikopter tempur dengan kecepatan tinggi. Puncaknya pasukan TNI berhasil menyelamatkan dan menghancurkan tempat penyenderaan dengan bom.

“Wah menarik sekali pertunjukan ini. Saya datang bersama anak saya yang masih SD, kami merasa terhibur. tapi kaget juga tadi, saat adegan bom meledak” ujar Jumiati (34) warga Gebangrejo.

Upacara peringatan HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 ini ikut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Danrem dan Wakil 714, Kapolda Sulawesi Tengah, Danlanal Palu, Wadan Kalakops Tinombala, para petinggi TNI dari 5 kodim di Sulawesi tengah yakni, Kodim 1305 Buol Toli-Toli 1306 Donggala, Kodim 1308 Luwuk Banggai, Kodim 1311 Morowali dan Kodim 1307 Poso, selaku tuan rumah, Para Perwira Satgas Tinombala, Kapolres Poso, Ketua dan Wakil DPRD Poso, Muspida, Muspika, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, serta para tamu undangan dari dalam dan luar daerah Poso.

Serangkaian kegiatan juga telah dilakukan oleh aparat TNI untuk memperingati HUT TNI ke- 72 yang dipusatkan di Poso, Yakni mulai dari penanaman pohon eboni, fun bike, yang digelar bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, hingga bakti sosial dan sunatan massal.

Pada Rabu (/10/17) kemarin, kegiatan dimulai dari ziarah nasional di taman makam pahlawan (TMP) Poso pada pukul 07.00 Wita. Kegiatan dilanjutkan pembekalan, dengan topik pembahasan cara berpikir suprarasional, di Aula Batalyon 714/Sintuwu Maroso, dilanjutkan dengan anjangsana ke panti asuhan, dan Korp Raport kenaikan pangkat bagi prajurit TNI, yang digelar di lapangan Batalyon 714/Sintuwu Maroso, di kelurahan Ranononcu.

Menurut Kapenrem 132/Tadulako, Mayor Inf Dedy Afrizal, di pilihnya Poso menjadi lokasi puncak perayaan HUT TNI ke 72 di Sulawesi Tengah, adalah berdasarkan kondisi Poso saat ini yang sudah kondusif. "Ini menunjukkan kondisi Poso sudah aman," ujarnya.

Dalam keterangannya, Dedy Afrizal menyebutkan acara HUT TNI ke 72 kali ini melibatkan sekitar 3.000 pasukan TNI dari tiga matra, yakni TNI AD, AL, dan AU.


Fun Bike dalam Rangka HUT TNI Ke-72 Tahun 2017

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengikuti kegiatan Fun Bike yang dilaksanakan tadi pagi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Kepala-kepala OPD, Anggota TNI dan POLRI, Paguyuban Sepeda Ontel, Instansi lainnya dan anak sekolah. Hadir juga di kegiatan ini, para pewarta cetak maupun elektronik.
Bertempat di Balai Diklat Desa Maliwuko Kecamatan Lage (30/09/17), sebelum dimulainya kegiatan Fun Bike, dilaksanakan Penghijauan dengan Penanaman Sejuta Eboni, kerja sama antara KODIM 1307/Poso dan Pemda Poso. Bupati Poso beserta Wakil Bupati Poso dan FORKOPIMDA melakukan penanaman perdana sebagai awal dari penanaman sejuta pohon Eboni (Tanaman Khas Kabupaten Poso).
Selanjutnya dilakukan perenggangan otot yang dipandu oleh panitia, sebelum para peserta mengayuh sepedanya sesuai rute yang telah ditentukan oleh pelaksana, Star dari Depan Balai Diklat, melewati Kelurahan Ranononcu, Kelurahan Kawua, Kelurahan Sayo, Kelurahan Lombugia (Jl. Ki Hajar Dewantara), Kelurahan Lawanga (Jl. Talasa), Kelurahan Lawanga Tawongan (Jl. Patimura), Kelurahan Bonesompe (Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Sultan Hasanuddin, Jl. H. Agus Salim, Jl. Teuku Umar, Jl. Tadulako), Kelurahan Kasintuwu, Kelurahan Gebang Rejo Timur (Jl. P. Kalimantan), Kelurahan Gebang Rejo Barat (Jl. P. Bali, P. Sumatera dan P. Sulawesi) dan Finish dilapangan Sintuwu Maroso Poso dengan jarak 15 KM.
Melalui sambutannya, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menegaskah bahwa hari ini merupakan awal dari Pencanangan Hari Bersepeda Nusantara, juga untuk menyambut pelaksanaan Tour De Central Celebes (TDCC) pada bulan Oktober. Rencananya TDCC akan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga sekaligus akan mencanangkan Hari Bersepeda Nusantara.
Kecintaan terhadap kegiatan bersepeda harus mulai digalakkan sejak dini karena banyak manfaat yang bisa diperoleh, salah satunya mengurangi polusi udara. Kegiatan ini disamping untuk kesehatan, juga dari panitia menyediakan hadiah menarik bagi para peserta yaitu Door Price. Banyak hadiah yang dipersiapkan mulai dari hadiah utama sepeda, mesin cuci,televisi, kompos gas dan hadiah hiburan mulai dari payung, rice cooker, dispenser, setrika dan lainnya. Hadiah disponsori oleh Pemda Kabupaten Poso, Bank BRI, Bank BPD dan Bank Mandiri. Sebelum melepas para peserta Fun Bike, Bupati Poso mengingatkan untuk bersepeda dengan baik, patuhi rambu lalu lintas dan apabila ada peserta yang tidak mampu sampai ke garis Finish, maka ada kendaraan yang siap mengangkut.
Dalam pelaksanaan Fun Bike ini, panitia juga membuka Pasar murah kerja sama KODIM 1307 Poso dengan Dinas KUMDAG Kabupaten Poso, BULOG dan Hypermart. Memberikan kemudahan dan keringanan belanja bagi masyarakat yang ingin membeli kebutuhan rumah tangga. Tubuh yang Sehat akan memacu Jantung untuk semangat membangun Tana Poso. //ca’/pulaltaltalt