Kam04242014

Last update08:13:03 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back BARUGA BARUGA Pembangunan Layanan Pengadaan Secara Elektronik Diberlakukan di Poso

Layanan Pengadaan Secara Elektronik Diberlakukan di Poso

  • PDF

Poso kota – mulai tahun 2013 pemda akan mulai menerapkan sistem elektronik dalam proses pengadaan barang dan jasa. Kepala dinas pekerjaan umum (PU) masdian mentiri, kepada radar poso, rabu(13/2) kemarin mengatakan pengadaan berupa tender proyek itu dilakukan secara elektronik sesuai amanat dari peraturan presiden nomor 70 tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa dilingkungan pemerintahan.

Dengan peraturan ini maka otomatis segala bentuk pengadaan barang dan jasa dilingkungan pemerintah daerah harus mengacu pada sistem elektronik sebagai mana diatur dalam peraturan ini.

Untuk menunjang pelaksanaan system layanaan online pengadaan barang dan jasa elektronik atau e-procurement sesuai perpres tersebut menurut masdian, pemda telah membentuk layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Kabupaten poso yang memiliki perangkat jaringan dan server yang terinstalasidengan sistem pengadaan secara elektronik (SPSE).

Pada hari Rabu (13/2) kemarin dalam acara sosialisasi pemberlakuan sistem ini diruang pogombo kantor bupati, kepala dinas PU, Masdin mentiri, yang menjadi penyelenggara sosialisasi mengatakan dengan pemberlakuan sistem pengadaan secara elektronik akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa dilingkungan pemda.

Selain itu sistem ini juga menurut masdian bisa meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, efisiensi anggaran dalam proses pengadaan serta mendukung proses monitoring dalam setiap pengadaan barang dan jasa disemua instansi pemerintahan di lingkungan pemda poso.

Sementara itu ketua panitia sosialisasi pembentukan LPSE Kabupaten Poso, Ir.Faidul Kateng mangatakan, dengan di luncurkannya LPSE ini maka setiap pengadaan barang dan jasa disetiap SKPD dapat memanfaatkan LPSE. “jadi dengan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik akan lebih transparan dan para kontraktor juga akan barsaing lebih sehat,”ujar Faidul.

Bupati poso yang diwakili wakil bupati Ir.t samsuri dalam sambutannya saat membuka sosialisasi pembentukan LPSE menyambut baik sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik ini. Menurut samsuri, munculnya LPSE ini merupakan sebuah langkah maju untuk memudahkan pengadaan barang dan jasa di kabupaten poso.